Mengenal Heni dan Adi, Pasangan Suami Istri Pahlawan bagi ODGJ dari Kudus

Heni Mustikaningati
Pasangan Suami Istri Sukaryo Adi Putra dan Heni Mustikaningati, Pahlawan bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang terlantar di jalanan dari Kudus, Jawa Tengah. (Photo dok Heni)

Kudus, Idola 92.6 FM – Sejak 2007, Heni Mustikaningati bersama suaminya Sukaryo Adi Putra rela blusukan mencari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Pasutri asal Kabupaten Pati Jawa Tengah ini, kemudian memandikan, mengajak makan hingga mendokumentasikan ODGJ tersebut di akun YouTube Sinau Hurip.

Selama menjalankan aktivitasnya, pasangan suami istri yang sekarang berdomisili di Kabupaten Kudus itu, mengajak ODGJ mengobrol, memberi makan, dan membantu memotong kukunya. “Kami dekati perlahan, setelah merasa satu frekuensi, mereka (ODGJ) menerima kami,”tutur Heni yang didampingi suami saat diwawancarai radio Idola Semarang, pagi (01/03) tadi.

Atas kepeduliannya terhadap ODGJ itu, Heni mendapat penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo pada 2021.

Lalu apa yang memotivasi pasangan ini, untuk terus menjadi pejuang kemanusiaan dengan merawat ODGJ? Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Heni Mustikaningati/ Sukaryo Adi Putra, pahlawan bagi ODGJ yang terlantar di jalanan. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPolda Jateng Gelar Operasi Lalu Lintas Selama 14 Hari
Artikel selanjutnyaPemprov Kirim Bantuan ke Sumbar Lewat Jalur Darat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini