Mengenal Inovasi Pencegah Rambut Rontok karya Tim Mahasiswa UI

Tim Mahasiswa Universitas Indonesia
Tim Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) meneliti dan membuat inovasi mencegah rambut rontok untuk pria dari biji telang. (Photo dok Vania)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Melihat tanaman telang tumbuh subur di sekitar lingkungannya, tim Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) tergerak untuk memanfaatkan tanaman tersebut. Terlebih sebelumnya juga sudah ada yang melakukan penelitian terhadap manfaat biji telang. Mereka pun membuat inovasi mencegah rambut rontok untuk pria dari biji telang.

Tim terdiri dari lima mahasiswa Fakultas Farmasi UI, yakni Vania Nathaniela (2019), Christsa Angela (2019), Patricia Felia Budijarto (2019), Yohan Baptista Adidharma Wilie (2020), dan Hosea Imanuel (2020).

Biji telang
Biji telang yang dimanfaatkan oleh tim mahasiswa UI untuk mencegah rambut rontok pria. (Photo dok Vania)

Selama setahun mereka melakukan riset dan penelitian.”Tapi untuk meneliti di labnya sekitar 3 bulan,”tutur Vania Nathaniela kepada radio Idola, pagi (25/11) tadi.

Vania menjelaskan untuk proses uji coba, mereka memakai hewan mencit.”Ternyata rambutnya tidak rontok. Kalau di manusia butuh waktu dan penelitian lagi,”kata mahasiswi semester VII itu.

Ekstrak Biji telang
Biji telang yang sudah diproses/ekstraksi. Uji coba dilakukan kepada hewan coba mencit. (Photo dok Vania)

Lalu apa saja kandungan biji telang, bagaimana prosesnya agar biji telang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut pada pria?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Vania Nathaniela, anggota tim/mahasiswa Fakultas Farmasi Univeritas Indonesia. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKenaikan BI Rate Mulai Berdampak Ke Sektor Properti
Artikel selanjutnyaRefleksi Hari Guru Nasional: Belajar dari Finlandia, Apa yang Mesti Kita Perbaiki?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang