Memahami Peta Mobilitas Masyarakat dan Covid-19 Kreasi Tim Peneliti UI

dr. Damar Susilaradeya, Ph.D
Wakil Ketua Tim Peneli/Periset Klaster Medical Technology, IMERI FKUI. dr. Damar Susilaradeya, Ph.D. (Photo: Dok Pribadi Damar UI)

Semarang, Idola 92.6 FM – Para akademisi lintas fakultas Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Sinergi Mahadata UI Tanggap COVID-19 di bawah naungan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI) membuat peta mobilitas masyarakat dan kasus COVID-19 di Indonesia. Peta dapat diakses di https://sinergimahadata.ui.ac.id/peta/.

Peta mobilitas masyarakat
Peta mobilitas masyarakat.

Dari peta tersebut, diperoleh beragam insight yang kemudian dikembangkan sebagai landasan data untuk memberikan rekomendasi kebijakan untuk menekan laju pertambahan kasus COVID-19 di Indonesia.

Peta ini bertujuan untuk menilai indeks mobilitas masyarakat serta penambahan kasus harian COVID-19 di daerah yang memberlakukan PSBB maupun tidak, serta melakukan pemetaan geospasial secara semi real-time. Data mobilitas didapatkan dari Facebook berkat kerja sama antara UI dan Facebook melalui program Facebook Data for Good.

Tim Dokter UI
Tim UI melakukan pertemuan secara online. (Photo: Dok Pribadi Damar UI)

Selengkapnya mengenai Peta Mobilitas Masyarakat dan Kasus Covid-19 yang menggunakan Facebook Data for Good karya tim peneliti UI, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Wakil Ketua Tim Peneliti dr. Damar Susilaradeya, Ph.D (Periset Klaster Medical Technology, IMERI FKUI). (yes/her)

Dengarkan podcast diskusinya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini