Mengenal Pristawan, Pegiat Lingkungan dan Penjaga Hutan dari Salatiga

Wawan
Pristawan (akrab dipanggil Wawan) pegiat lingkungan/penjaga hutan dari Salatiga Jawa Tengah bersama istri, Dinda. (Photo dok Wawan)

Salatiga, Idola 93.6 FM – Melihat ekosistem di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, sosok satu ini termotivasi menjaganya dari kerusakan. Maka, Ia kemudian menginisiasi Gerakan Bersama Lindungi Ekosistem.

Sosok itu adalah Pristawan, pegiat lingkungan dan penjaga hutan dari Salatiga Jawa Tengah. Agar lingkungan terus terjaga, Wawan–panggilan akrabnya, menginisiasi gerakan Bersama Lindungi Ekosistem. Untuk mewujudkan itu semua, Wawan tak sendirian, ia menggandeng sang istri, Dinda dan tentu saja segenap warga yang peduli.

Wawan
Wawan dan tim berkoordinasi dengan warga terkait kegiatan pasar rakyat di Telomoyo Kabupaten Semarang. (Photo dok Wawan)

“Kami berkeliling satu hutan ke hutan lainnya, kalau kita mengumpulkan uang untuk survive, kita buka lapak, ke pameran-pameran,” tutur Wawan kepada radio Idola, pagi (23/08) tadi.

Menurut Wawan, selama tiga bulan ia menepi di hutan. Ia melibatkan masyarakat dekat hutan untuk kegiatan ini. “Sharing dengan tokoh-tokoh masyarakat, seberapa banyak mereka mengenal hutan, asal usul desa, seberapa banyak mereka tahu tanaman endemik,” tambahnya.

Wawan
Wawan pegiat lingkungan/penjaga hutan melibatkan anak-anak untuk turut serta menjaga lingkungan/hutan. (Photo dok Wawan)

Dari Dusun Salaran Tolokan Getasan Kabupaten Semarang, Wawan dan istri memulai. Mereka mengajak anak-anak dan warga terus peduli dengan lingkungan. Lewat media bermain, bernyanyi, dan berseni, warga mulai didekatkan dengan lingkungan. Tujuannya agar lingkungan dan hutan terus terjaga.

Untuk itu, pada tgl 26- 28 Agustus 2022, mereka menggelar 7th Forest Art Camp PITULUNGAN 2022 bertempat di Dusun Salaran Tolokan Getasan Kabupaten Semarang. Acara diisi dengan beragam kegiatan. Di antaranya aksi lingkungan, penanaman, performing art, pasar rakyat dan masih banyak lagi.

Wawan
Menaman. Inilah salah satu kegiatan Wawan dan warga agar hutan terhindar dari kepunahan. (Photo dok Wawan)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Pristawan, pegiat lingkungan dan penjaga hutan dari Salatiga Jawa Tengah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnya2024, NIK Sudah Terhubung Dengan NPWP
Artikel selanjutnyaBelajar dari Kasus di Unila Lampung, Apa yang Dapat Kita Pelajari Bagi Perbaikan Tata Kelola Penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang