Mengenal Robot AGV Kaibo karya Tim Mahasiswa Udinus Semarang

Robot Automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo
Robot Automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo karya tim mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Robot AGV Kaibo mampu berjalan pada jalur yang sudah ditentukan dan memiliki daya angkut hingga 300 kg. (Photo dok Tegar)

Semarang, Idola 92.6 FM – Tim mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang baru-baru ini berinovasi membuat robot Automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo. Robot AGV bisa digunakan untuk membantu pengangkutan saat proses produksi di sebuah pabrik.

Lima mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Udinus yakni Muhammad Tegar Amrullah, Muhammad Harits allam ikhsan, Faisal Dwi Nuari, Yusuf aleandra pratama dan Nimas Sendayani. Dalam proses pembuatan, mereka butuh waktu sekitar 5 hingga 6 bulan untuk menyelesaikan robot yang mampu bergerak otomatis tersebut.”Yang membedakan robot AGV Kaibo dengan robot sejenis lainnya, punya kami ada sistem android, tahu robot di mana, sedang di line mana,”turut Ketua Tim Inovasi Robot AGV Kaibo, Muhammad Tegar Amrullah kepada radio Idola, pagi (18/10) tadi.

Robot Automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo
Tim mahasiswa Udinus Semarang butuh waktu sekitar 5-6 bulan untuk pembuatan Robot AGV Kaibo.(Photo dok Tegar)

Robot AGV Kaibo mampu berjalan pada jalur yang sudah ditentukan, dan memiliki daya angkut hingga 300 kg. “Jadi, robot ini didesain untuk membawa dan memindahkan barang dalam suatu proses produksi di pabrik,”kata Tegar yang akan segera wisuda pada November 2022.

Lalu apakah ada perbedaan hasil, setelah sebuah pabrik menggunakan robot ini? Seefisien apakah?

Robot Automatic Guidance Vehicle (AGV) Kaibo
Robot AGV Kaibo membantu pengangkutan saat proses produksi di sebuah pabrik. Robot ini diklaim lebih efisien karena ada sistem androidnya. (Photo dok Tegar)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ketua Tim Inovasi Robot AGV Kaibo Udinus Semarang, Muhammad Tegar Amrullah. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDPRD kabupaten/kota di Jateng Dimungkinkan Ada Penambahan Kursi
Artikel selanjutnyaBagaimana Menyehatkan Perguruan Tinggi agar Bisa Menarik Gerbong-gerbong Kepentingan Bangsa?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang