Mengenal Rohimah, Pendiri Raung Orchid di Banyuwangi

Raung Orchid
Rohimah mendirikan Raung Orchid di tengah pandemi Covid-19 melanda negeri ini pada 2020 lalu. (Photo dok Rohimah)

Banyuwangi, Idola 92.6 FM – Badai corona yang menghantam usaha tour and travelnya pada tahun 2020, tak membuat pengusaha asal Banyuwangi Jawa Timur ini terpuruk. Ia ingin bangkit dengan cara lain.
Usaha bisnis jasa perjalanan yang selama ini menjadi tumpuan karyawan-karyawannya, ia istirahatkan sementara waktu. Ia pun berpindah haluan, membudidayakan tanaman anggrek.

Sosok pengusaha inspiratif yang tahan banting itu adalah Rohimah, pendiri Raung Orchid (Museum Anggrek Raung) di desa Jambe Wangi Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi.

Raung Orchid didirikan di tengah pandemi covid melanda negeri ini. Kini Raung Orchid yang terletak di kaki gunung Raung tersebut terus tumbuh dan berkembang seiring dengan permintaan anggrek dari pembeli. Tak hanya berorientasi ke bisnis-untung tapi Raung Orchid juga menjadi wadah bagi pemula yang ingin belajar budidaya tanaman anggrek.

Selain karena penggemar anggrek, Rohimah yang juga guru perhotelan di SMK Negeri 1 Banyuwangi tersebut melihat kondisi pandemi yang membuat orang harus banyak tinggal di rumah menjadikan berkebun sebagai salah satu cara orang untuk menghalau rasa bosan dengan risiko terendah.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola bersama Rohimah, pendiri Raung Orchid (Museum Anggrek Raung) di desa Jambe Wangi Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: