Pergerakan Penumpang di Bandara Ahmad Yani Tumbuh 47 Persen

Boarding pas di Bandara
Sejumlah penumpang pesawat saat melakukan boarding pas di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat, ada 1,273.898 penumpang yang dilayani selama Januari hingga Oktober 2022. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, yang hanya melayani 672.251 penumpang.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Heri Trisno Wibowo mengatakan pergerakan penumpang pada tahun ini, terjadi peningkatan sebanyak 47 persen dibanding tahun sebelumnya. Pernyataan itu dikatakan melalui siaran virtual, kemarin.

Heri menjelaskan, untuk pergerakan pesawat di Bandara Ahmad Yani juga mengalami peningkatan sebanyak 29 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Yakni sebanyak 11.500 persen hingga akhir Oktober 2022, sedangkan periode sebelumnya hanya 8.193 pesawat saja.

Menurutnya, pertumbuhan pergerakan penumpang maupun pesawat terbang yang ada di Bandara Ahmad Yani menjadi hal positif di tengah melandainya pandemi Covid-19.

“Terdapat peningkatan trefik penumpang maupun penumpang di 2022 ini. Terjadi kenaikan trefik penumpang sebanyak 47 persen, dan 29 persen untuk kenaikan trefik pergerakan pesawat udara. Kami optimis dengan pertumbuhan ini akan membuat transportasi udara semakin berkembang dan maju ke depannya,” kata Heri.

Lebih lanjut Heri menjelaskan, peningkatan pergerakan penumpang maupun pesawat terbang hingga Oktober 2022 ini dipengaruhi beroperasinya kembali dua rute penerbangan domestik. Yakni rute Semarang-Jakarta-Semarang dan Semarang-Batam-Semarang.

“Saat ini, kami melayani delapan rute penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBawaslu Jateng Petakan Kerawanan Pemilu 2024
Artikel selanjutnyaKinerja Ekspor Jateng Tumbuh Negatif
Wartawan senior Radio Idola Semarang.