Polda Jateng Jaga Tempat Wisata di Hari Kedua Lebaran

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Kabid Humas Kombes Pol Iqbal Alqudusy memberikan keterangan pengamanan libur Lebaran hari kedua di tempat wisata.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah mengerahkan ratusan personel dari Direktorat Pengamanan Obyek Vital, untuk mengamankan seluruh tempat wisata di hari kedua Lebaran atau Selasa (3/5). Setidaknya ada 100 personel yang dikerahkan untuk mengamankan sejumlah tempat wisata, dan dibantu personel dari masing-masing polres dan polsek tempat.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan para personel yang diterjunkan itu memiliki berbagai tugas, mulai dari koordinasi dengan pengelola tempat wisata sampai pengamanan dan penegakan protokol kesehatan. Tujuannya selain mengamankan keselamatan para pengunjung, juga memastikan tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan. Pernyataan itu dikatakannya di Mapolda, Senin (3/5) malam.

“Kami imbau kepada wisatawan, agar menjaga barang bawaan secara benar dan tidak memancing pelaku kejahatan. Tetap patuhi protokol kesehatan. Polres jajaran akan menyediakan gerai vaksinasi booster, yang belum booster kita ajak untuk vaksinasi. Dengan cara ini, kita optimis mudik dan wisata tahun ini aman serta sehat,” kata kapolda.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy menambahkan sudah menjadi tradisi di masyarakat, saat Lebaran hari kedua dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Menurutnya, diprediksi tempat wisata di Jateng akan penuh dikunjungi wisatawan. Baik masyarakat lokal, maupun para pendatang.

“Kami telah memprediksi bahwa akan terjadi ledakan pengunjung di berbagai pusat strategis, termasuk di obyek wisata. Hal ini karena banyak pemudik yang ingin menghabiskan masa libur Lebaran di Jateng, di samping silaturahim bersama sanak keluarga di kampung halaman,” ujar Iqbal.

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan, beberapa tempat yang mendapat penjagaan ekstra dari pihak kepolisian selain tempat wisata adalah pusat perbelanjaan dan pusat oleh-oleh serta tempat kuliner. (Bud)

Artikel sebelumnyaKapolri Bagikan Bingkisan Lebaran ke Janda Wartawan di Semarang
Artikel selanjutnyaSituasi Arus Balik di Kota Semarang Masih Lancar