Polda Jateng Siap Amankan Setiap Tahapan Pemilu 2024

Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah siap mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai sejak tahun ini.

Memasuki tahun politik, jajaran kepolisian akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan dalam rangka menjamin keamanan pesta demokrasi rakyat lima tahunan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan memasuki tahun politik, tingkat kerawanan kamtibmas akan semakin tinggi sehingga harus diwaspadai dan diantisipasi. Pernyataan itu dikatakan di sela paparan Anev Polda Jateng 2022 di Mapolda, Kamis (29/12).

Kapolda menjelaskan, tahun politik di Jateng tidak hanya menghadapi pemilihan legislatif (pileg) dan juga pemilihan presiden/wakil presiden (pilpres) saja tapi juga pemilihan bupati/wali kota dan gubernur (pilkada).

Bahkan, di level pemerintahan desa juga digelar pemilihan kepala desa yang tetap harus mendapat perhatian ekstra dari sisi keamanan atau pengamanan.

Menurutnya, setiap tahapan menghadapi Pemilu 2024 akan tetap menjadi fokus perhatian dan pengamanan untuk menciptakan suasana aman dan tertib.

“Kami jajaran kepolisian siap untuk memberikan jaminan keamanan dalam menghadapi tahun politik di wilayah Jawa Tengah. Ini adalah kalender tahun politik yang harus kita amankan, mulai dari tahapan pendaftaran sampai dengan masa kampanye hingga pemungutan dan penghitungan suara,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, berkaitan dengan analisa dan evaluasi (anev) Polda Jateng 2022 pihaknya memaparkan sejumlah capaian dalam menjaga situasi kamtibmas.

Sementara itu, angka kejahatan sepanjang 2022 mengalami kenaikan sebesar 10 persen dari 8.685 kasus di 2021 menjadi 9.666 kasus di 2022.

“Pada 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan sebesar 26,5 persen,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudahkah Ada Progres Sepanjang tahun di Bidang Pendidikan dalam Implementasi “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”?
Artikel selanjutnyaZulhas: Pelaku UMKM Harus Tancap Gas Buat Tembus Pasar Global
Wartawan senior Radio Idola Semarang.