Banjir di Semarang, Seribuan Lebih Pelanggan PLN Alami Pemadaman Listrik

Wilayah yang terdampak banjir di Kota Semarang
Seorang petugas PLN saat memeriksa jaringan listrik di wilayah yang terdampak banjir di Kota Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN memadamkan aliran listrik di beberapa daerah yang tergenang banjir di Kota Semarang, guna mengantisipasi kejadian tidak diinginkan. Beberapa wilayah itu di antaranya adalah Kaligawe, Terboyo dan Genuk.

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta Ahmad Mustaqir mengatakan guna menjaga keamanan dan keselamatan di tengah banjir, pihaknya memadamkan aliran listrik di daerah yang tergenang banjir. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui kemarin.

Ahmad menjelaskan, terdata ada 1.024 pelanggan PLN yang terdampak pemadaman listrik karena daerahnya tergenang banjir. Namun, sampai saat ini kondisi sudah terkendali dan personel PLN masih bersiaga di posisi masing-masing.

“Untuk di Kota Semarang masih sebagian (banjir) di daerah Genuk masih ada beberapa lokasi yang padam. Itu kita padamkan untuk menghindarkan potensi bahaya warga tersengat. Imbauan kami kepada warga adalah kalau misalnya ada kondisi cuaca ekstrem termasuk banjir,” kata Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan antisipasi terhadap instalasi jaringan listrik di wilayah Jateng-DIY di saat cuaca ekstrem. Personel diterjunkan, untuk melakukan inspeksi kelistrikan dan memberikan bantuan warga yang terdampak bencana karena cuaca ekstrem.

“Kita berikan bantuan paket sembako dan uang tunai kepada masyarakat yang terdampak bencana mulai dari Semarang, Pati, Rembang, Kudus, Pekalongan dan Kendal. Total ada Rp117 juta bantuan yang disalurkan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPLN Kirim 7 Genset Cadangan ke Karimunjawa
Artikel selanjutnyaPLN Perkuat Kelistrikan Karimunjawa di Tengah Cuaca Buruk
Wartawan senior Radio Idola Semarang.