Jelang Ramadan, Polda Jateng Tangkap 287 Tersangka Pengedar Narkoba

Tersangka hasil Operasi Bersinar Candi 2023
Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi saat berdialog dengan sejumlah tersangka hasil Operasi Bersinar Candi 2023 di Mapolda, Selasa(4/4).

Semarang, Idola 92,6 FM – Selama 20 hari digelar Operasi Bersinar Candi 2023, Polda Jawa Tengah menangkap 287 tersangka peredaran narkoba dengan 5,1 kilogram sabu dan 2,7 kilogram ganja turut diamankan.

Penangkapan paling menonjol terjadi di wilayah Polres Tegal Kota, yang mampu menyita empat kilogram sabu.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan ada 224 kasus peredaran narkoba yang ditangani, dari hasil Operasi Bersinar Candi 2023. Hal itu dikatakan saat gelar ungkap kasus di Mapolda, Selasa (4/4).

Kapolda menjelaskan, dalam rangka mewujudkan komitmen Polda Jateng menjelang Lebaran meningkatkan kegiatan kepolisian terutama peredaran narkotika.

Selama kegiatan operasi, mampu mengungkap 176 kasus target operasi dengan 220 tersangka.

Menurut kapolda, hal ini menunjukkan jika jajarannya tidak main-main terhadap peredaran narkoba.

“Pengiriman barang dalam jumlah kecil atau besar menggunakan sarana kendaraan sepeda motor, angkutan umum maupun truk. Sedangkan pembayaran menggunakan transfer atau juga tunai,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, khusus di wilayah Polres Tegal Kota tidak hanya mengungkap kasus peredaran narkoba tapi juga bandar pasangan suami istri.

Pasangan suami istri itu juga melakukan aksi pencucian uang hasil peredaran narkoba.

“Kita jerat dengan pasal TPPU dan aset beberapa bidang tanah dan bangunan serta dua unit mobil totalnya senilai Rp8,5 miliar kita sita,” pungkasnya. (Bud)