Kebakaran di TPA Jatibarang Terus Diupayakan Pemadaman

Pj Gubernur Nana Sudjana
Pj Gubernur Nana Sudjana didampingi Wali Kota Hevearita Gunaryanti meninjau TPA Jatibarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Belum rampung penanganan kebakaran di TPA Putri Cempo Solo, giliran TPA Jatibarang di Kota Semarang terbakar pada Senin (18/9) sore.

Petugas pemadam kebakaran dibantu personel TNI/Polri, berupaya untuk melokalisir luasan api.

Penjabat Gubernur Nana Sudjana mengatakan lokalisir areal yang terbakar di TPA Jatibarang diperlukan, agar tidak semakin meluas. Hal itu dikatakan saat meninjau TPA Jatibarang bersama Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu, Senin (18/9) malam.

Menurut Nana, petugas secara bergiliran melakukan pemadaman di titik-titik api dengan dibantu 16 unit truk pemadam kebakaran dari berbagai wilayah.

Tidak hanya Damkar Kota Semarang yang berupaya memadamkan api, tapi dibantu Damkar Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal.

Menurut Nana, kebakaran di TPA Jatibarang diduga berawal dari bagian atas yang sudah tidak digunakan lagi sebagai pembuangan sampah.

Diduga, api merembet dari atas ke bawah hingga menjalar ke kawasan bekas pabrik pupuk.

“Kami (minta) lokalisir (api) jangan sampai apinya merembet ke mana-mana. Saat ini sudah mampu untuk apinya diturunkan, upaya pemadaman terus kami lakukan,” kata Nana.

Diketahui, Dinas Damkar Kota Semarang meminta aktivitas di TPA Jatibarang ditutup sementara.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang juga telah diminta untuk membatalkan sementara bongkar muat sampah, guna mengamankan lokasi dan tidak menganggu aktivitas pemadaman. (Bud)