Komisi II DPR RI Sebut Jateng Telah Persiapkan Pemilu 2024 Dengan Matang

Pemilu 2024
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92,6 FM-Komisi II DPR RI menilai, semua aspek kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Jawa Tengah sudah matang.

Jateng dipandang sudah siap, untuk menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa mengatakan kesiapan tersebut dapat dilihat terkait dengan perihal daftar pemilih tetap (DPT), daftar calon tetap (DCT), kerawanan pemilu maupun antisipasinya. Pernyataan itu dikatakan usai bertemu Pj Gubernur Nana Sudjana di Gradhika Bhakti Praja, kemarin.

Mustopa menjelaskan, daerah-daerah yang dianggap rawan sudah dilakukan langkah antisipasi dengan bersinergi bersama tokoh masyarakat dan para stakeholder serta lainnya.

“Secara keseluruhan dari semua aspek, kami melihat secara umum Jawa Tengah siap untuk melakukan pemilu. Semua sudah dipetakan, dan langkah-langkah tadi juga sudah disampaikan. Misalnya tadi Pj gubernur Jateng menyampaikan langkah-langkah terkait mengantisipasi kerawanan pemilu,” kata Mustopa.

Sementara Pj Gubernur Nana Sudjana menambahkan, persiapan dan kesiapan Pemilu Serentak 2024 sudah dilakukan sejak jauh hari.

Nana menjelaskan, strategi menjaga kondusivitas jelang pemilu telah dilakukan dengan cara memelihara kondisi damai masyarakat.

Selain itu juga penguatan forum-forum mitra, penguatan deteksi dini, pelibatan para tokoh, stakeholder, media massa dan jejaring sosial dilakukan agar pemilu berjalan aman dan lancar.

“Untuk menjaga kondusivitas wilayah dan membangun sistem pencegahan dini, sinergi antar aparat dan masyarakat dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terus dilakukan,” ucap Nana. (Bud)