Mendag Turun ke Pasar Cek Harga Komoditas Pangan di Semarang

Mendag Zulkifli Hasan
Mendag Zulkifli Hasan saat berinteraksi dengan pedagang di Pasar Karangayu Semarang, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kementerian Perdagangan melakukan pemantauan harga komoditas pangan, menjelang perayaan Idul Adha di Kota Semarang.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan di Pasar Karangayu Semarang, harga kebutuhan pokok masyarakat masih stabil.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan kebutuhan pokok yang ada di Pasar Karangayu Semarang masih aman tersedia, dan harga juga dalam kondisi terkendali. Hal itu dikatakan usai berkunjung ke Pasar Karangayu, kemarin.

Zulhas menjelaskan, dari pantauan yang dilakukan itu harga daging ayam dari Rp40 ribu turun menjadi Rp38 ribu per kilogram.

Sementara harga cabai berada di angka Rp25 ribu per kilogram, bawang merah dan bawang putih kating Rp35 ribu per kilogram dan telur ayam Rp31 ribu per kilogram.

Menurut Zulhas, secara umum kondisi harga barang kebutuhan pokok cenderung stabil dan inflasi pada Mei 2023 tercatat terkendali di angka empat persen (yoy) serta menjadi yang terendah dalam setahun terakhir.

”Jadi kami pantau harga-harga bahan pokok di Kota Semarang turun seperti daging ayam, bawang merah dan bawang putih. Untuk beras harganya masih standar silakan masyarakat berbelanja,” kata Zulhas.

Lebih lanjut Zulhas menjelaskan, khusus untuk minyak goreng tidak memberikan pengaruh terhadap inflasi Mei 2023.

Secara tahunan, minyak goreng terdeflasi 0,19 persen (yoy).

“MinyaKita Rp14 ribu per liter, minyak goreng kemasan Rp20 ribu per liter dan tepung terigu Rp14 ribu per kilogram. Harga daging sapi Rp130 ribu per kilogram,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPolda Jateng Terima 26 Laporan Kasus TPPO Selama Sepekan
Artikel selanjutnyaJangan Simpan Uang di Bawah Bantal, Ini Pesan LPS Biar Engga Kena Mental