Mengenal Ari Yanto, Petani Milenial dari Jawa Barat

Ari Yanto
Ari Yanto (23) Petani Milenial asal Pangandaran Jawa Barat dan founder PT Agrindo Pangan Lestari (Hi Garden) Fruit & Vegetable Store/Hi Garden Hydroponic. (Dok Ari)

Pangandaran, Idola 92.6 FM – Bermula dari usaha di bidang pertanian serta jasa instalasi hidroponik, kini pemuda asal Pangandaran Jawa Barat ini bisa membantu sesama petani mendapatkan harga lebih baik untuk produk pertanian mereka.

Sosok pemuda itu adalah Ari Yanto (23), Founder PT Agrindo Pangan Lestari (Hi Garden) Fruit & Vegetable Store dan Hi Garden Hydroponic. Dari kecil, ia sudah bergelut dengan bidang pertanian karena bapak ibunya menjadi buruh tani. Ari akhirnya memutuskan untuk sekolah pertanian dan melanjutkan kuliah di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Jawa Barat.”Gak ada anak muda yang mau jadi petani, produk tani di kebun murah. Kalau tidak berubah, gimana?,”ungkap Gareng panggilan akrab Ari Yanto kepada radio Idola, pagi (11/01) tadi.

Pemuda yang kini membuka usaha pertanian di Lembang dan Bogor Jawa Barat mempunyai prinsip “bergerak bareng, tumbuh bareng”.

Usaha jerih payah dari sekolah hingga memiliki perusahaan seperti sekarang ini tak semulus jalan tol. Jatuh bangun, ditipu tim dan pembeli, nyaris membuat semangatnya down. Tapi dukungan orang tua, membuat Gareng bertahan dan terus bergerak.

Lalu apa tantangan dan target Ari dalam usahanya? Bagaimana Ari mendapatkan modal untuk membuka usahanya?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ari Yanto akrab dipanggil Gareng, Petani Milenial asal Pangandaran Jawa Barat dan Founder PT Agrindo Pangan Lestari (Hi Garden) Fruit & Vegetable Store dan Hi Garden Hydroponic.  (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDJP Imbau Wajib Pajak Segera Validasi NIK Dengan NPWP
Artikel selanjutnyaBagaimana Pengasuhan Anak-anak dan Lingkungan di Zaman Medsos Saat Ini?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang