Mengenal Devi Sumarno, Pejuang Kemanusiaan dan Pendiri Yayasan Rumah untuk Harapan

Devi Sumarno
Devi Sumarno, Pendiri Yayasan Rumah untuk Tumbuh Harapan (RUTH) Bandung & Denpasar. Atas kegiatan kemanusian untuk bantu calon ibu dan bayi yang dilahirkan, Devi meraih Liputan 6 AWARD 2023 kategori kemanusiaan, pada akhir Oktober 2023. (Dok Devi)

Bandung, Idola 92.6 FM – Berawal dari keinginannya untuk membantu temannya yang mengalami kehamilan tidak diinginkan (KTD), sosok satu ini menggagas Yayasan Rumah untuk Tumbuh Harapan (RUTH) di Bandung. Terhitung sejak berdiri 2011 lalu, ada sekitar 470 bayi yang lahir di Yayasan RUTH. Tak hanya di Bandung, Yayasan RUTH juga buka di Denpasar Bali.

Sosok itu adalah Devi Sumarno, pendiri Yayasan Rumah untuk Tumbuh Harapan (RUTH) Bandung Jawa Barat dan Denpasar Bali. Atas kegiatan kemanusian untuk bantu calon ibu dan bayi yang dilahirkan, Devi meraih Liputan 6 AWARD 2023 (SCTV) kategori kemanusiaan, pada akhir Oktober 2023.

Menurut Devi, seiring berjalannya waktu, RUTH seperti rumah singgah. Kegiatan pendampingan dilakukan, termasuk kegiatan konseling baik terhadap calon ibu ataupun orangtuanya.

Devi Sumarno
Devi Sumarno, Pendiri Yayasan Rumah untuk Tumbuh Harapan (RUTH) Bandung & Denpasar bersama seorang bayi yang lahir di Yayasan RUTH.(Dok Devi)

Devi yang juga sebagai Kepala Sekolah PKBM Puspa Terang Nusantara (sekolah anak berkebutuhan khusus) menyampaikan ada tiga jenis pendampingan.”Pendampingan secara psilokogis, kedua pendampingan medis karena berhubungan dengan ibu hamil dan bayi, ketiga pendampingan sosial, suatu hari mereka kembali ke masyarakat atau dia dikeluarin dari sekolah,”tutur Devi kepada radio Idola, pagi (01/11) tadi.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Devi Sumarno, Pendiri Yayasan Rumah untuk Tumbuh Harapan (RUTH) Bandung & Denpasar. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBagaimana Memitigasi Era Suku Bunga Tinggi?
Artikel selanjutnyaPenurunan Harga Pertamax Series dan Dex Series Disambut Antusias