Mengenal Adkhilni Mudkhala Shidqie, Inisiator Gerakan AyoMaen dari Bandung

Adkhilni Mudkhala Shidqie
Adkhilni Mudkhala Shidqie (16), inisiator gerakan AyoMaen dari Bandung Jawa Barat. Ia terpilih menjadi Ashoka Young Changemaker 2023. (Dok Shidqie)

Bandung, Idola 92.6 FM – Merespons masifnya gadget pada anak, sosok satu ini menggagas Gerakan AyoMaen di Bandung Jawa Barat. Ia mendorong anak-anak untuk bermain di luar ruangan dan diet gadget.

Sosok satu ini adalah Adkhilni Mudkhala Shidqie (remaja 16 tahun), inisiator gerakan AyoMaen. Ia melakukan ini berdasar pengalamannya.”Pada waktu aku masih SD, aku kecanduan gadget juga, dan teman-teman juga kecanduan,”tutur Sidqie kepada radio Idola, pagi (06/07) tadi.

Menurut remaja yang sekarang menimba ilmu di Peacesantren Welas Asih, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini, dirinya merasa kecanduan gadget pada saat duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar. Meski saat bermain game dirinya bisa mendapatkan uang.”Waktu main game, kelas 4 SD, bisa dapat uang 4 juta,” tambah remaja yang terpilih menjadi Ashoka Young Changemaker 2023.

Adkhilni setelah berhasil diet gadget
Adkhilni Mudkhala Shidqie merasa “terlahir kembali” setelah berhasil diet gadget dan game pada akhir 2017. (Dok Shidqie)

Sidqie punya segudang alasan, mengapa harus berhenti main game dan memutuskan untuk bermain di luar pada 2017 lalu. Ia pun mengajak anak-anak juga bermain di luar agar tak jadi pecandu gadget.

AyoMaen di luar
Seseru ini kegiatan AyoMaen di luar. Mengenal alam, berpetualang, dan bersosialiasi. (Dok Shidqie)

Lalu setelah enam tahun, bagaimana hasilnya? Apa saja kegiatan AyoMaen?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Adkhilni Mudkhala Shidqie, inisiator gerakan AyoMaen dari Bandung Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: