Survei KPK: Semakin Tinggi Pendidikan Integritas Turun, Apa faktornya?

Integritas
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Dunia pendidikan belum sepenuhnya menjadi tempat untuk menyemai generasi muda yang berintegritas. Bahkan, semakin tinggi jenjang pendidikan, skor indeks integritas pendidikan justru semakin turun. Padahal, generasi muda berintegritas diharapkan, akan melawan korupsi.

Hal ini tecermin dari hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan yang dilakukan KPK baru-baru ini. Survei dilakukan untuk mengetahui efektivitas pendidikan antikorupsi. Survei ini memetakan integritas dalam tiga parameter. Yakni, karakter siswa, ekosistem pendidikan (pendidik dan pimpinan satuan pendidikan), serta risiko korupsi dalam tata kelola pendidikan.

Berdasarkan hasil Survei Penilaian Integritas Pendidikan yang dilakukan di 34 provinsi pada 2022, indeks integritas pendidikan nasional berada di skor 70,40. Hal Itu menunjukkan indeks integritas pendidikan di level 2 dari skala tertinggi di level 4.

Indeks Per Jenjang
Ilustrasi/Kompasiana

Maka, kalau pendidikan berbanding terbalik dengan integritas: apakah sudah diteliti, apa yang menyebabkan? Apa yang salah dengan proses/praktik pendidikan? Lalu apa upaya saja yang harus dilakukan?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana dan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sekaligus pengamat kebijakan pendidikan, Prof Cecep Darmawan. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: