Menyongsong Puncak Bonus Demografi di Tahun 2030-an, Aspek Apa Saja yang Harus Kita Kejar?

Bonus Demografi
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR di Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo sempat menyoroti peluang besar dari bonus demografi terhadap perekomonian di Indonesia.

Menurut Presiden, bonus demografi yang akan mencapai puncak di Tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045, sebab pada waktu itu 68 persen penduduk Indonesia berusia produktif. Di momen ini, menurut Presiden kunci peningkatan produktivitas nasional kita.

Selanjutnya Peluang besar yang kedua adalah kepercayaan internasional yang dimiliki Indonesia saat ini, yang dibangun bukan sekedar melalui retorika semata melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

Lantas, menyongsong puncak bonus demografi yang akan terjadi di tahun tahun 2030-an, aspek apa saja yang harus kita kejar?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni: Ketua Umum Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI), Dr Sudibyo Alimoeso. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: