MES Jateng Inginkan Produk Halal Dimulai Dari Hulu

Masyarakat Ekonomi Syariah
MES. (image/ekonomisyariah.org)

Semarang, Idola 92,6 FM – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Tengah, berkomitmen membangun ekosistem industri halal yang dimulai dari hulu atau ekosistem awalnya. Salah satunya adalah dimulai dari peternakan, untuk bisa menyiapkan produk halal bagi masyarakat.

Ketua Umum MES Jateng Nyata Nugraha mengatakan pihaknya akan gerak cepat, dalam mengembangkan industri halal. Tidak hanya dari kuliner saja, tapi juga fesyen dan produk halal lainnya. Hal itu dikatakan di sela diskusi di RSI Sultan Agung Semarang, belum lama ini.

Menurutnya, MES akan ikut sumbang saran mengenai strategi pengembangan ekosistem halal di Jateng. Pengembangan industri halal bisa dilakukan sesegera mungkin, karena menyangkut industri pariwisata.

Nyata menjelaskan, Jateng terutama Semarang sudah menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia. Hal ini akan menjadi pendorong ekonomi dengan efek domino yang luar biasa, karena turut mendongkrak banyak sektor ikutan lainnya.

“Karena hampir semua orang Jawa Tengah dan di Indonesia banyak makan ayam. Bagaimana kita memastikan ayam yang kita makan itu adalah halal. Oleh karena itu kita mulai dari peternakannya,” kata Nyata.

Lebih lanjut Nyata menjelaskan, meningkatnya permintaan produk halal di dunia dan banyaknya penduduk muslim tentunya menjadi sebuah peluang besar. Pemenuhan konsumsi masyarakat dan produksi dalam negeri, harus tetap diutamakan.

“Perlu penguatan rantai halal seperti makanan, fesyen, kosmetik hingga farmasi. Sektor produksi halal ini harus terus memberi nilai tambah perekonomian,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPro Kontra Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa
Artikel selanjutnyaPerhutani Izinkan Masyarakat Sekitar Hutan Manfaatkan Lahan Bekas Tebangan Untuk Tanaman Tumpang Sari
Wartawan senior Radio Idola Semarang.