Pembangunan Tol Semarang-Demak Bakal Dipercepat

Pembangunan Tol Semarang-Demak
Pembangunan Tol Semarang-Demak. (Photo/Kompas

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemerintah pusat bersama Pemprov Jawa Tengah bersepakat, untuk melakukan percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Salah satunya adalah memprioritaskan penyelesaian jalan tol Semarang-Demak, agar bisa selesai tersambung dengan jalan tol Trans Jawa.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan di Jateng terdapat 37 PSN, dan 18 di antaranya masuk Perpres Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobongan, Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung dan Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang. Hal itu disampaikan usai bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di Jakarta, kemarin.

Menurut Airlangga, ke-37 PSN tersebut memiliki nilai investasi sebesar Rp258,76 triliun dan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak kurang lebih 66 ribu orang.

Airlangga menjelaskan, khusus untuk pembangunan jalan tol Semarang-Demak itu akan dilakukan percepatan.

Sebab, keberadaan ruas jalan tol Semarang-Demak menjadi penting dan dibahas secara khusus dalam pertemuan tersebut.

“Tadi dibahas secara khusus, yaitu tol Semarang-Demak yang berfungsi sebagai tanggul laut. Dan ini bisa menjadi model untuk bisa dilanjutkan tidak hanya di Semarang, bahkan ini bisa ditarik di pantai utara Jawa. Bappenas telah melakukan studi yang sering disebut sebagai giant sea wall,” kata Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan, percepatan penyelesaian pembangunan jalan tol Semarang-Demak dibutuhkan karena selain berfungsi meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga berperan sebagai tembok laut melindungi wilayah dari ancaman abrasi dan rob. (Bud)