Pertamina Siagakan Petugas Motorist di 91 Titik Jalur Mudik

Petugas mororist
Dua petugas mororist yang bersiaga di Rest Area 379A ruas tol Semarang-Batang sedang menyiapkan BBM jenis Pertamax.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah menyiagakan sejumlah petugas motorist, yang akan melayani para pemudik saat Lebaran nanti.

Petugas motorist itu disebar di 91 titik jalur mudik, baik di ruas jalan tol maupun jalur reguler atau non tol.

Region Manager Retail Sales Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Bayu Suryo Kusumo mengatakan pada masa arus mudik balik Lebaran tahun ini, diperkirakan jumlah kendaraan yang akan masuk di wilayah Jawa Tengah mencapai 1,3 juta unit. Hal itu dikatakan saat ditemui di sela kesiapan Pertamina menghadapi arus mudik balik Lebaran 2023, Minggu (9/4) malam.

Bayu menjelaskan, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Jateng saat masa mudik Lebaran itu mengalami kenaikan sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, diprediksi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga bakal mengalami kenaikan daripada rerata harian normal.

Menurut Bayu, puncak dari arus mudik Lebaran nanti diperkirakan terjadi pada 19 April 2023 dan diperlukan adanya layanan tambahan guna memberikan kemudahan bagi pemudik mendapatkan BBM.

Salah satu layanan tambahan yang disiapkan adalah petugas motorist, dan dibagi di jalur tol sebanyak empat titik dan jalur reguler sebanyak 87 titik.

“Pada prinsipnya kita berupaya untuk membantu para pemudik untuk mendapatkan BBM. Untuk motoris biasanya membawa BBM 20 liter untuk membantu mobil tersebut ketemu SPBU berikutnya. BBM 20 liter itu cukup banyak sebetulnya,” kata Bayu.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, petugas motorist yang disiapkan itu juga sebagai langkah antisipasi adanya kebijakan pemberlakukan jalur satu arah dari Jakarta menuju Semarang.

Pihaknya, nanti akan berkoordinasi dengan petugas kepolisian dan pengelola jalan tol untuk melayani pemudik yang membutuhkan BBM sebelum sampai di tempat istirahat (rest area) terdekat.

“Petugas motorist ini lebih memudahkan pemudik untuk bisa mendapatkan BBM tentunya. BBM yang dibawa adalah jenis Pertamax Series atau Dex Series,” jelasnya.

Diketahui, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah memerkirakan pada Lebaran tahun ini akan terjadi peningkatan konsumsi BBM sebesar 29 persen untuk BBM jenis Gasoline.

Rinciannya, Pertalite naik sebesar 31 persen dari 10.546 Kilo Liter (KL) di harian normal menjadi 13.784 KL saat Lebaran.

Sedangkan Pertamax naik 20 persen dari 2.116 KL menjadi 2.539 KL serta Pertamax Turbo naik 27 persen menjadi 89 KL dari sebelumnya 70 KL. (Bud)