Tiga KPP Capai Target Penerimaan Pajak di Atas 40 Persen Tahun Ini

Max Darmawan
Kepala Kanwil DJP Jateng I Max Darmawan saat menyampaikan capaian penerimaan pajak pada triwulan pertama tahun ini.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I mencatat, capaian penerimaan pajak di triwulan pertama tahun ini mengalami pertumbuhan positif.

Bahkan, tiga kantor pelayanan pajak (KPP) di wilayah DJP Jateng I bisa menembus di atas 40 persen capaian penerimaan pajaknya.

Kepala Kanwil DJP Jateng I Max Darmawan mengatakan dari 17 kantor pelayanan pajak di wilayah DJP Jateng I itu ada 14 KPP mengalami pertumbuhan positif pada tahun ini. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, Rabu (17/5).

Max menjelaskan, sampai dengan 30 April 2023 kemarin penerimaan pajak untuk Kanwil DJP Jateng I sudah tembus Rp12,5 triliun.

Capaian penerimaan tersebut bila dipersentasekan dengan target, sudah mencapai 37,76 persen.

Menurutnya, target yang ditetapkan dalam satu tahun sesuai APBN sebesar Rp32,19 triliun.

Apabila dibandingkan periode tahun sebelumnya, capaian penerimaan pajak terdapat pertumbuhan positif sebesar 13,84 persen.

“Ada tiga KPP yang capaian penerimaan pajaknya di atas 40 persen. Yaitu KPP Madya Semarang sebesar 44,69 persen, KPP Pratama Semarang Selatan sebesar 43,57 persen dan KPP Pratama Kudus sebesar 42,53 persen,” kata Max.

Lebih lanjut Max meminta kepada seluruh KPP yang ada di lingkungan Kanwil DJP Jateng I bisa menggenjot penerimaan pajak di sisa waktu hingga akhir tahun ini.

Harapannya, sebelum akhir tahun ini Kanwil DJP Jateng I sudah mencapai 100 persen dari target yang telah ditetapkan.

“Jadi, teman-teman yang ada di KPP bisa memaksimalkan dan memanfaatkan sisa waktu dari Mei sampai Desember ini. Tujuannya, agar penerimaan pajak bisa sesuai target,” pungkasnya. (Bud)