Wapres Ingin Nasional Halal Fair Bisa Tingkatkan Literasi Masyarakat Terhadap Keuangan Syariah

Wapres RI KH Ma'ruf Amin
Wapres RI KH Ma'ruf Amin memukul bedug saat pembukaan Jateng Halal Fair di Alun-alun Kauman Semarang, Senin (3/4) sore.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemanfaatan keuangan syariah di Indonesia harus bisa dirasakan masyarakat, agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Tanah Air.

Kehadiran Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) maupun Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS), diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui Nasional Halal Fair 2023.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin mengatakan KNEKS dan KDEKS yang dibentuk, diharapkan bisa lebih mendorong percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air. Hal itu dikatakan di sela pengukuhan KDEKS Jateng di Alun-alun Kauman Semarang, Senin (3/4) sore.

Wapres menjelaskan, lewat kegiatan Nasional Halal Fair 2023 ini diharapkan berdampak baik bagi ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

Dengan adanya KNEKS dan KDEKS yang tersebar di 13 provinsi di Indonesia, mampu membangun sinergi antarpemangku kepentingan untuk mengakselerasi pemanfaatan potensi ekonomi dan keuangan syariah guna memerkuat ketahanan ekonomi dan memajukan pembangunan aerta memercepat pertumbuhan ekonomi.

Menurut wapres, peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah juga diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja dan akan menjadi garda terdepan dalam implementasi kebijakan perluasan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional baru mencapai 23,3 persen. Masih diperlukan kerja keras untuk meningkatkan literasi masyarakat, baik melalui edukasi akademik maupun sosialisasi dan kolaborasi multi pihak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi digital,” kata wapres.

Lebih lanjut wapres memberikan apresiasi KNEKS dan KDEKS dalam penyelenggaraan Nasional Halal Fair 2023.

Melalui acara tersebut, diharapkan tingkat literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah dapat tumbuh lebih baik serta mampu mendorong bangkitnya pelaku ekonomi dan keuangan syariah.

Sementara itu Wagub Jawa Tengah Taj Yasin menambahkan, KDEKS yang dibentuk ini akan semakin memercepat kolaborasi dan langkah-langkah dalam mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di provinsi ini.

Bahkan, bisa memberikan dampak luas bagi kehidupan di masyarakat.

“Kegiatan Jateng Halal Fair 2023 menjadi sangat penting bagi kita semua, karena halal ini menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam memilih produk dan jasa yang halal sesuai syariah,” ucap wagub. (Bud)

Artikel sebelumnyaTips Puasa yang Sehat bagi Ibu Menyusui
Artikel selanjutnyaSambut Pemudik, Pemprov Jateng Siapkan Sejumlah Sarana Infrastruktur Penunjang