Isnaini Baroroh, Owner and Founder Ardana Garden Sleman Yogyakarta

Isnaini Baroroh
Isnaini Baroroh,Owner and Founder Ardana Garden Sleman Yogyakarta.(Foto: Isna)

Sleman, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini dalam beberapa tahun belakangan ini melakukan budi daya sukulen dan kaktus. Atas usahanya itu, ia menjadi salah satu perwakilan dari Sleman dalam ajang Young Ambasador Agriculture 2023 yang diinisiasi oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI.

Sosok perempuan hebat itu adalah Isnaini Baroroh (33), owner and founder Ardana Garden Sleman Yogyakarta. Pada peringatan hari Kartini 2024 lalu, ia juga meraih penghargaan sebagai perempuan yang menginspirasi dari Pemerintah Kabupaten Sleman.

Isnaini Baroroh
Isnaini Baroroh saat menerima kunjungan Wakil Menteri Pertanian RI dan jajaran BPPSDMP di Greenhouse Ardana Garden Sleman.(Foto: Isna)

Isna panggilan akrabnya menurutkan, perlu “mengorbankan” ribuan tanaman untuk mendapatkan porsi budi daya yang cocok. Tak hanya belajar melalui media sosial saja, Isna juga belajar/mendatangi ke pencinta kaktus.

“Orang-orang sudah sepuh, dia sudah main kaktus puluhan tahun. Ternyata pakai media tanamnya beda-beda. Media apa yang cocok dengan ini, dengan cuaca yang beda,”jelas Isna kepada radio Idola, pagi (16/05) tadi.

Isnaini Baroroh
Di Greenhouse Ardana Garden Sleman, Isnaini juga membuka pelatihan bagi pencinta kaktus.(Foto: Isna)

Di tempat Isna, orang bisa menjumpai memilih tanaman dari harga 5 ribuan hingga jutaan rupiah. Tergantung jenisnya. Isna juga tak pelit berbagi ilmu lewat pelatihan bagi peminat kaktus. Dari budi daya ini, sarjana komputer tersebut bisa meraup cuan puluhan juta tiap buan.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Isnaini Baroroh, Owner and Founder Ardana Garden Sleman Yogyakarta. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: