Pemprov Dorong Warga Jateng Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Nana Sudjana
Nana Sudjana, Pj Gubernur Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih di Pemilu 2024, untuk menggunakan hak suaranya datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari nanti.

Masyarakat diimbau, ikut andil dalam menyukseskan gelaran Pemilu 2024.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan pemprov menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Jateng, bisa mencapai 80 persen. Hal itu dikatakan di sela kegiatan pemantauan kesiapan pemilu di wilayah kabupaten/kota, belum lama ini.

Nana menjelaskan, untuk menggenjot partisipasi pemilih itu sosialisasi kepada masyarakat agar datang ke TPS menggunakan hak pilihnya terus dilakukan.

Bahkan, pemprov juga gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024.

Menurut Nana, ada tiga indikator kesuksesan pemilu dan salah satunya adalah meliputi partisipasi masyarakat pemilih yang tinggi.

“Untuk partisipasi masyarakat, target kita di atas 80 persen untuk di Jawa Tengah. Kita bersyukur kalau masing-masing kabupaten/kota bisa di atas 80 persen atau sampai 90 persen. Setiap ada waktu disertakan sosialisasi kepada masyarakat, kemudian melakukan simulasi sehingga masyarakat tahu betul bagaimana dalam pelaksanaan pemungutan suara itu,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, khusus bagi pemilih pemula yang baru kali pertama memilih utamanya generasi Z untuk terus dilakukan sosialisasi.

Dengan edukasi yang benar, para pemilih pemula diharapkan tidak terjebak pada fanatisme dan termakan berita hoax serta terpancing ujaran kebencian.

“Setiap perhelatan pemilu sering kali muncul di media sosial mengenai informasi hoax, hate speech, berita kebencian dan lainnya. Jadi di situ provokasi-provokasi itu pasti ada. Dengan edukasi politik yang benar, bisa mencegah para pemilih pemula terbawa arus yang tidak baik,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDorong UMKM Lokal Jadi Global, Ini Komitmen Anies Saat di Semarang
Artikel selanjutnyaKPU Jateng Targetkan Angka Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen