PLN Siapkan 116 Unit EV Charger di Jateng-DIY Saat Libur Idul Adha

Pengisian di SPKLU
Sebuah mobil listrik tengah melakukan pengisian di SPKLU.

Semarang, Idola 92,6 FM-PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), guna menunjang pengguna mobil listrik saat libur Idul Adha.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Mochamad Soffin Hadi mengatakan sebanyak 116 unit Electric Vehicle (EV) Charger telah disiapkan, untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil listrik yang melintas di wilayah Jateng-DIY. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Soffin menjelaskan, pihaknya juga telah menyiapkan SPKLU di 21 rest area jalur tol Trans Jawa di wilayah Jateng.

Hal itu dilakukan, seiring dengan tingginya animo masyarakat menggunakan kendaraan listrik.

Menurutnya, PLN menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area jalan tol.

“Hingga Mei lalu, sebanyak 116 unit EV Charger pada 67 titik SPKLU telah beroperasi di 28 kota/kabupaten di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Ketersediaan SPKLU ini diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat yang akan menempuh perjalan jauh terutama pengguna kendaraan listrik terkait pengisian daya,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, jumlah transaksi SPKLU di Mei 2024 tercatat sebanyak 2.279 kali.

Transaksi terbanyak terjadi pada SPKLU Rest Area KM 379A, SPKLU UP3 Surakarta dan SPKLU UID Jateng-DIY.

“Transaksi kumulatif gabungan dari seluruh SPKLU yang beroperasi sampai dengan Mei 2024 tumbuh sebesar 202 persen dibanding tahun lalu. Ini artinya peminat kendaraan listrik semakin tinggi sehingga kesiapan infrastruktur perlu terus disiapkan,” jelasnya.

Salah seorang pengguna mobil listrik, Budi Santoso warga Jekulo Kabupaten Kudus mengaku tidak perlu khawatir lagi menggunakan mobil listrik karena telah tersedianya SPKLU di Kudus.

“Saya selama ini bepergian menggunakan mobil listrik. Untuk warga sekitar Kota Kudus tidak perlu khawatir menggunakan mobil listrik karena telah tersedia SPKLU. Hal ini tentunya sangat membantu kami saat menempuh perjalanan sehingga tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Dengan menggunakan mobil listrik, saya merasakan kenyamanan dalam berkendara dan minimnya biaya operasional,” ujar Budi. (Bud)