Ribuan Paket Sembako Disiapkan Untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Pasar murah
Masyarakat Kota Semarang antusias mengikuti pasar murah yang digelar Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng di Lapangan Garnisun Semarang, Selasa (5/3).

Semarang, Idola 92,6 FM-Kodam IV/Diponegoro menggelar pasar murah dengan menyiapkan ribuan paket sembako berisi beras dan minyak goreng serta gula pasir di Lapangan Garnisun Semarang, Selasa (5/3).

Kegiatan pasar murah tidak hanya dilakukan di Kota Semarang saja, tapi juga di 39 titik di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita mengatakan seluruh jajaran kodim di wilayahnya, diperintahkan menggelar pasar murah bekerja sama dengan kepolisian setempat dan pemerintah daerah.

Pihaknya menyiapkan paket sembako dengan harga di bawah Rp100 ribu, masyarakat bisa mendapatkan paket berupa beras seberat lima kilogram dan minyak goreng serta gula pasir masing-masing dua kilogram.

Pangdam menjelaskan, kegiatan pasar murah yang digelar menjelang bulan puasa akan membuat masyarakat terpenuhi dalam membeli komoditas pangan.

Sehingga, menghadapi bulan puasa masyarakat sudah menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Menurut pangdam, dalam menjaga stabilisasi harga dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama semua pihak.

Oleh karena itu, jajaran Kodam IV/Diponegoro dibantu Polda Jateng dan pemprov serta pemkab/pemkot dalam menyelenggarakan pasar murah.

“Tujuannya untuk memberikan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan dengan harga yang mungkin sedikit terjangkau dibandingkan di tempat lain. Jadi tujuan kita untuk mengendalikan harga dan membantu masyarakat mempersiapkan kebutuhan di bulan Ramadan sebentar lagi,” kata pangdam.

Sementara Sekda Jateng Sumarno memberi apresiasi kepada jajaran Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng, yang telah membantu pemerintah dengan menyelenggarakan pasar murah menjelang Ramadan.

Menurut Sumarno, jajaran TNI/Polri memberikan kontribusi cukup besar dalam rangka menjaga kestabilan harga kebutuhan pangan menjelang Ramadan.

“Upaya-upaya seperti ini yang perlu dilakukan, supaya harga-harga kebutuhan terjangkau masyarakat. Sehingga, daya beli masyarakat bisa terjaga dan jangan sampai tergerus karena harga kebutuhan naik,” ujar Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno berharap, kegiatan pasar murah yang digelar dari pemerintah daerah maupun TNI/Polri berlanjut menjelang Lebaran mendatang. (Bud)