BBM Turun, Tarif BRT Tidak Turun

photo: suaramerdeka.com

Semarang, Idola 92.6 FM – Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang mengatakan naik-turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) tak pengaruhi tarif tiket bagi pengguna jasa BRT Trans Semarang. Kepala BLU Trans Semarang Joko Umboro Jati di Semarang, mengatakan, walaupun BBM turun, tarif tiket Trans Semarang tetap Rp 3.500/orang untuk dewasa dan Rp 1.000/orang untuk pelajar.

Ia menjelaskan penetapan tarif tiket Trans Semarang diatur dengan keputusan wali kota dan selama ini belum ada perubahan atas keputusan tarif meski harga BBM beberapa kali mengalami kenaikan dan penurunan. Namun, kata dia, pengaruh kenaikan dan penurunan harga BBM memang dirasakan pada beban operasional Trans Semarang meski tidak dibebankan kepada masyarakat secara penuh dengan subsidi yang diberikan.

Menurut dia, pengelolaan Trans Semarang memang tidak semata-mata mengandalkan profit atau keuntungan, tetapi lebih berorientasi pada “benefit” atau manfaat yang dirasakan oleh masyarakat luas. karena itu, Joko mengharapkan masyarakat memanfaatkan secara baik layanan jasa transportasi yang disediakan Pemerintah Kota Semarang, termasuk merawat dan menjaga sarana prasarana pendukungnya.

Ia mencontohkan keberadaan halter atau “shelter” yang sudah disediakan pemerintah untuk membantu akses masyarakat pengguna jasa BRT semestinya jangan dicoret-coret atau dinodai aksi vandalism. (Doni Asyhar)

Artikel sebelumnyaBI Ajak Masyarakat Gunakan Produk Dalam Negeri
Artikel selanjutnyaLP2K Semarang Tolak Wacana Kenaikan Tarif BRT