Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Turun

(Photo: WorldTravelServer)

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengakui jumlah penumpang sepanjang 2016 mengalami penurunan dibanding tahun 2015, yaitu kurang lebih 40 persen.

General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Tri Suhardi di Semarang baru-baru ini mengatakan, pada 2015, jumlah penumpang baik yang turun atau berangkat bisa mencapai 500 ribuan orang.

Namun, sampai di bulan November 2016 kemarin saja jumlahnya tidak lebih dari 350 ribuan penumpang baik yang turun atau naik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Menurut Tri Suhardi, penumpang yang memanfaatkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang didominasi dari wilayah Kalimantan yakni pekerja perkebunan dan pertambangan.

Dirinya memperkirakan, turunnya jumlah penumpang lebih disebabkan faktor ekonomi sekarang ini. Sehingga, masyarakat dari wilayah Kalimantan yang akan pulang ke Jawa Tengah hanya di musim Lebaran saja.

“Bisa jadi, keluarganya yang di Jawa Tengah sudah diboyong ke Kalimantan, sehingga tidak lagi pulang ke Jawa dan hanya waktu Lebaran saja. Atau, memang saat ini aktivitas di perkebunan dan pertambangan di Kalimantan sedang lesu,” ujarnya.

Sampai dengan saat ini, lanjut Tri Suhardi, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melayani enam kapal penyeberangan. Tujuannya, di wilayah Kalimantan yaitu Pontianak, Ketapang, Kumai, Sampit dan Banjarmasin. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaTerminal BBM Pengapon Siapkan Kebutuhan BBM Natal dan Tahun Baru Yang Naik 15 Persen
Artikel selanjutnyaLahan Mulai Terbatas, REI Sasar Wilayah Pinggiran Semarang