Produk Jamu Jateng Terus Diekspor

Semarang, Idola 92.6 FM – Produk jamu asli dari Jawa Tengah terus dipasarkan ke luar negeri seperti antaranya ke kawasan Timur Tengah dan ASEAN.

Ketua Gabungan Pengusaha Jamu Jateng, Nyoto Wardoyo di Semarang, baru-baru ini mengatakan, pemasaran produk jamu lokal dibantu duta besar Indonesia di luar negeri.

Mereka melakukan sosialisasi dan edukasi jamu ke negara-negara konsumen. Alhasil, ekspor produk jamu asal Jawa Tengah semakin baik dengan menunjukkan peningkatan.

“Kondisi pasar jamu di Jawa Tengah tahun ini masih tetap tumbuh, meski pencapaiannya tidak sebesar tahun sebelumnya. Hal ini akibat dari dampak ekonomi global yang masih berlanjut,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hingga akhir tahun ini pihaknya memmroyeksikan omzet industri jamu secara nasional mencapai Rp20 trilun. Dimana pada tahun sebelumnya hanya tumbuh Rp 17 triliun.

Sementara untuk kontribusi pasar ekspor telah menyumbang 15-20 persen dari total omzet di dalam negeri. Khusus untuk produk jamu asal Jawa Tengah telah menguasai 60 persen pasar jamu nasional. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaSah, 17 Paslon Pilkada Jateng Siap Kampanye
Artikel selanjutnyaPilkada Diulang Bila Suara Dibawah 50 Persen