Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Layani Tiga Rute Baru

Semarang, Idola 92.6 FM – General Manager Terminal Peti kemas Semarang (TPKS) Erry Akbar Panggabean mengatakan akan menambah rute pelayaran domestik ke Kalimantan yaitu Pontianak dan Bali sebagai perwujudan dari program tol laut Presiden Joko widodo.

“Kita sangat siap dengan program kemaritiman tol laut. Kita rencanakan tambahan untuk pelayaran domestik,” ujar Erry di Semarang, Kamis (8/9).

Pihaknya menambahkan, untuk menjalankan rute domestik tersebut, akan bekerjasama dengan perusahaan pelayaran Meratus yang melayani perjalanan tiga kali dalam sepekan.

Setiap pengirimannya, lanjut Erry, bisa sampi 500 teus. Hanya saja rata-ratanya berkapasitas 300 teus saja.

Sementara secara keseluruhan, ia menjelaskan, pengiriman barang melalui TPKS baik domestik maupun antar negara sebanyak 55-60 ribu teus per bulan.

Menurut Erry, pencapaian itu sudah sangat baik mengingat target volume bongkar muat TPKS pada tahun ini sebanyak 586 ribu teus.

Untuk saat ini, dikatakan dermaga TPKS sudah mampu digunakan untuk sandar tiga kapal sekaligus. Serta baru ada tiga pelayaran domestik yang dilayani, yakni ke Kumai, Sampit dan Banjarmasin. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPHRI: Target MICE Tidak Tercapai Karena Pemangkasan Anggaran
Artikel selanjutnya89 Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Sah Berbadan Hukum, 54 Di Jateng