TPKS Minta Meratus Buka Rute Baru ke Kalimantan

Semarang, 92.6 FM-Guna meningkatkan kinerja di Terminal Petikemas Semarang (TPKS), perusahaan pelayaran didorong untuk menambah rute pelayaran domestik. Salah satu perusahaan pelayaran yang didekati adalah Meratus, untuk menambah rute pelayaran ke Kalimantan. Yakni Pontianak, Samarinda dan Balikpapan.

General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean mengatakan, saat ini memang Meratus menjadi satu-satunya perusahaan yang melayani penyeberangan domestik melalui TPKS. Dengan pembukaan rute baru ke Kalimantan itu, maka komoditas dari Jawa Tengah maupun ke Kalimantan bisa diekspor melalui TPKS.

Untuk bisa membuka rute pelayaran ke Kalimantan, jelas Erry, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Pelindo II sebagai penguasa wilayahnya. Saat ini, rute penyeberangan yang melalui TPKS di antaranya ke Kumai, Banjarmasin dan Sampit.

“Mudah-mudahan komunikasi dengan Pelindo II sebagai penguasa wilayah untuk membuka rute baru berhasil. Kalau jadi dibuka rute baru ke Kalimantan, harapannya bisa meningkatkan kinerja TPKS,” ujarnya, kemarin.

Pada tahun kemarin, lanjut Erry, total realisasi volume bongkar muat di TPKS sebesar 615.132 Teus dengan 10 persen kontribusi dari pengiriman domestik. Untuk tahun ini, kontribusi domestik diharapkan bisa meningkat menjadi 15 persen, dengan peningkatan target volume bongkar muat 650 ribu Teus. (Bud)

Artikel sebelumnyaMempercepat Reforma Agraria
Artikel selanjutnyaBulog Jateng Beli Gudang Bawang di Brebes Senilai Rp10 Miliar Dengan Dana Internal

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini