Pendulum Nusantara Diharapkan Terkoneksi Pelabuhan Semarang

Semarang, Idola 92.6 FM – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mengharapkan kapal yang terkoneksi Pendulum Nusantara bisa singgah ke Semarang, dan mengangkut komoditas dari Jawa Tengah sebagai bagian program tol laut.

Pendulum Nusantara merupakan program kerja tinggalan Presiden SBY dan disempurnakan menjadi tol laut, yang merupakan salah satu program unggulan Presiden Joko Widodo.

Pendulum Nusantara bertujuan untuk menyeimbangkan perdagangan dari barat hingga timur Indonesia, menjadi sebuat transportasi laut perairan Indonesia.

General Manager Terminal Peti Kemas Semarang Erry Akbar Panggabean di Semarang, Selasa (9/11/2016) mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjalin koneksi dengan pelabuhan di Pontianak, Banjarmasin dan Benoa Bali. Hal itu dilakukan untuk memermudah pendistribusian barang antar pulau.

2016-11-09-3_in

“Di tempat kita, kapal yang masuk program Pendulum Nusantara bisa ikut berpartisipasi dengan singgah di Semarang. Karena apa, barang komoditas di Jawa Tengah itu banyak tapi kapal yang mengangkut belum terkoneksi,” tukasnya.

Menurut Erry, kapal Pendulum Nusantara juga bisa ikut singgah ke Semarang dan mengangkut barang-barang komoditas Jawa Tengah. Sehingga, pemerataan barang kebutuhan dari Sabang sampai Merauke bisa terwujud.

Untuk itu, pihaknya mencoba berpartisipasi dalam program tol laut dengan mengirimkan beras ke Kalimantan, bekerjasama Bulog Jateng. Direncanakan, pengiriman beras juga akan dilakukan ke Sumatera dan Sulawesi. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaPertamax Turbo Gantikan Pertamax Plus
Artikel selanjutnyaRefleksi Hari Pahlawan, Bagaimana Menyemai Kepekaan Sosial Kita Untuk Mendorong Kebaikan