WHO Ajak Masyarakat Dunia Perangi Diabetes

(Ilustrasi: penabiru.com)

Semarang, Idola 92.6 FM – Organisasi Dunia Kesehatan (WHO) memilih prioritas masalah kesehatan masyarakat global sebagai tema untuk Hari Kesehatan Dunia hari ini, kamis (7/4).

Seperti yang dikutip dari situs who.int, tema Hari Kesehatan Dunia 2016 hari ini adalah “mengalahkan diabetes”. Hal ini seperti mengajak dunia untuk berperang melawan Diabetes.

Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Adang Bachtiar mengatakan, pola masyarakat modern dengan konsumsi makanan yang bervariasi begitu mempengaruhi kesehatan masyarakat modern.

Menurutnya penyakit Diabetes tergantung dari banyak hal dari faktor lingkungan, kesehatan dan genetik. Faktor perilaku menjadi faktor umum karena pola konsumsi masyarakat modern.

“Makanan modern yang bervariasi pasti mengandung gula yang menstimulasi dan memicu Diabetes,” ungkapnya kepada Radio Idola 92.6 FM.

Dia menjelaskan untuk tindakan pencegahan, sebaiknya masyarakat bisa mengurangi makanan yang mengandung gula, termasuk mengurangi kalori dan karbohidrat.

Selain itu, ia menambahkan, pencegahan juga bisa dilakukan dengan memperbanyak aktivitas fisik yaitu dengan olahraga.

“Untuk menyehatkan mental kita, bisa jalan pagi, kesehatan jiwa itu kan betul-betul terkait dengan aktivitas fisik,” tuturnya. (Diaz Abidin / Heri CS)