BPS: Kondisi Ekonomi Masih Cukup Baik, Indeks Tendensi Masyarakat Jateng Meningkat

Semarang, 92.6 FM-Indeks Tendensi Konsumen (ITK) merupakan indikator perkembangan ekonomi konsumen, yang dihasilkan Badan Pusat Statistik (BPS) melalui survei tendensi konsumen. Indeks tendensi konsumen itu menggambarkan kondisi ekonomi, pada triwulan berjalan dan triwulan mendatang.

Kepala BPS Jateng Margo Yuwono mengatakan, untuk triwulan kedua tahun ini nilai indeks tendensi masyarakat Jawa Tengah mencapai 114,74 lebih baik dari triwulan sebelumnya. Peningkatan itu disebabkaan meningkatnya volume konsumsi baarang dan jasa, sehingga pendapatan rumah tangga ikut terdorong.

Margo menyatakan, meski harga kebutuhan cenderung naik di triwulan kedua ini, namun tidak memengaruhi konsumsi masyarakat. Termasuk, soal informasi atau berita media massa tidak memberi dampak pada konsumsi masyarakat.

“Ternyata, Jawa Tengah indeks tendensinya triwulan kedua ini lebih bagus dari sebelumnya. Bahkan, dari hasil survei yang kita lakukan untuk triwulan ketiga nanti juga masih bagus. Artinya, masyarakat Jawa Tengah masih memandang optimistis ekonomi,” kata Margo.

Margo menyebutkan, pada triwulan ketiga nanti diperkirakan indeks tendensinya sebesar 101,08. Artinya, kondisi ekonomi yang dipersepsikan konsumen masih meningkat. Pendapatan triwulan mendatang diperkirakan meningkat tipis, namun tidak sebesar pada triwulan kedua ini. (Bud)

Artikel sebelumnyaPengembang Rumah Optimistis Semester Kedua Penjualan Terdongkrak Dengan Suku Bunga 7,75 Persen Fix 2 Tahun
Artikel selanjutnyaLewat Pajak Bertutur, DJP Ingin Tingkatkan Inklusi Perpajakan Bagi Masyarakat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini