Dinkes Minta Masyarakat Waspadai Munculnya Penyakit di Musim Kemarau

Semarang, 92.6 FM-Kepala Dinas kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan di masa musim kemarau sekarang ini, masyarakat diminta menjaga kesehatan diri sendiri. Karena, penyakit yang sering timbul di musim kemarau adalah penyakit pernafasan dan pencernaan.

Menurut Yulianto, untuk mencegah masuknya penyakit ke tubuh saat musim kemarau, masyarakat diminta tidak abai dengan kesehatannya sendiri. Sebab, setiap musim atau pergantian musim tubuh membutuhkan waktu beradapsi dengan keadaan sekitar.

Jika tidak cepat beradaptasi, jelas Yulianto, maka tubuh dengan mudah terkena infeksi saluran pernafasan. Selain itu, banyak juga masyarakat yang terkena penyakit diare dan penyakit lainnya.

“Yang perlu diwaspadai adalah penyakit saluran pernafasan dan pencernaan. Itu kalau di musim kemarau. Kalau peralihan dari kemarau ke musim hujan, yang diwaspadai adalah DBD dan malariaaa. Di samping itu, kita juga harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga pola makan yang sehat,” kata Yulianto.

Oleh karena itu, lanjut Yulianto, pemprov terus melakukan berbagai upaya dan inovasi untuk mengkampanyekan pola hidup sehat bagi masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit di musim kemarau. Langkah paling gampang dengan banyak minum air putih, makan buah segar dan olahraga yang cukup. Namun, jika mulai merasakan gejala infeksi pernafasan harus segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. (Bud)

Artikel sebelumnyaBulog Jateng Akan Bangun Rumah Gula di Tambakaji Semarang
Artikel selanjutnyaDuh, Banyak Orang Belum Tahu Mau Ada Pilgub Jateng 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini