Gula Pasir, Bawang Merah dan Beras Jadi Komoditas Yang Diwaspadai Saat Puasa, Ini Alasan KPw BI Jateng

Semarang, 92.6 FM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah akan mewaspadai pergerakan harga tiga komoditas tertentu, menjelang dan selama bulan Ramadan. Ketiga komoditas itu adalah gula pasir, bawang merah dan beras. Sebab, akan terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat dibanding hari biasanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo mengatakan, tiga pekan menjelang bulan puasa nanti, harga beberapa komoditas tertentu harus menjadi perhatian. Sehingga, tidak terjadi lonjakan harga yang memberatkan masyarakat karena ulah spekulan.

Ponco menyebutkan, setiap tahun menjelang dan selama Ramadan memang trennya selalu ada kenaikan harga imbas dari naiknya permintaan dari masyarakat.

“Yang biasanya ada peningkatan harga di bulan puasa itu gula pasir, beras, bawang merah dan cabai. Mudah-mudahan kita bisa antisipasi kenaikan harganya. Yang pasti memang naik karena permintaan juga naik,” ujarnya.

Ponco mengingatkan kepada pemerintah daerah setempat, untuk selalu waspada dengan lonjakan harga dan inflasi menjelang Ramadan. Di antaranya, dengan melakukan pengawasan ekstra tehadap potensi penimbunan dan perubahan perilaku masyarakat yang berbelanja dalam jumlah banyak.

Pihaknya juga sudah meminta Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng, untuk selalu memantau ketersediaan stok pangan menjelang dan selama bulan puasa. (Bud)

Artikel sebelumnyaPeringati Hardiknas, Ratusan Mahasiswa Demo Revolusi Pendidikan
Artikel selanjutnyaPLN Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang Magelang