Harga Komoditas Pangan di Semarang Masih Stabil

Semarang, Idola 92.6 FM – Harga kebutuhan pokok di Kota Semarang masih terbilang stabil, karena pasokan dari distributor cukup lancar.

Salah satu pedagang daging ayam potong, Iin Herlina mengatakan, sejak masuk bulan puasa hingga sekarang, harga daging ayam potong cenderung stabil, bahkan mengalami penurunan Rp1.000 per kilogram. Hal itu terjadi, karena pasokan daging ayam potong dari rumah pemotongan hewan setempat cukup lancar.

Dalam sehari, ia mengaku menyediakan daging ayam potong hingga satu ton. Namun, meski mengalami penurunan harga, ia belum berniat mengurangi pasokan dagangannya setiap hari.

“Masih stabil harga daging ayam potong sejak puasa sampai sekarang, mas. Malah ini harganya turun Rp1.000 per kilogram,” kata Iin.

Dirinya memerkirakan, harga daging ayam potong akan mengalami kenaikan di pertengahan bulan puasa hingga menjelang Lebaran mendatang. Sebab, pada H minus tujuh Lebaran tahun kemarin saja, harga daging ayam potong menembus angka Rp30 ribu sampai Rp32 ribu per kilogramnya.

Pedagang sayuran di Pasar Peterongan sedang menunggu pembeli.

Komoditas pangan di Kota Semarang memang bisa dibilang dalam kondisi terkendali harganya, dan masih berada di batas kewajaran. Meski hanya komoditas bawang putih yang bertahan dengan harga tinggi sejak sebulan belakangan ini, dengan harga Rp60 ribu per kilogram, namun belum terlalu merisaukan. Sedangkan untuk komoditas cabai-cabaian, juga belum menunjukkan ada kenaikan harga dan permintaan.

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Peterongan Semarang, Sri mengatakan, harga cabai rawit merah sekarang antara Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per kilogramnya. Harga itu diyakininya masih relatif stabil. Sedangkan untuk cabai hijau besar yang sempat mengalami kenaikan, saat ini sudah kembali normal. Dari Rp20 ribu per kilogram, menjadi Rp18 ribu per kilogram dan diperkirakan masih akan turun lagi harga.

Menurutnya, sampai saat ini masyarakat belum memikirkan untuk berbelanja dalam jumlah banyak dan lebih cenderung berpikir biaya masuk sekolah anak.

“Sempat ada kenaikan sebelum puasa, tapi sekarang untuk cabai-cabaian sudah mulai normal dan turun harganya. Ya karena mungkin pembelinya belum banyak,” ujar Sri.

Dari pantauan Radio Idola di Pasar Peterongan per Jumat 2 Juni 2017, harga-harga komoditas belum menunjukkan gejala kenaikan. Sebut saja minyak goreng, dijual dengan harga Rp11 ribu sampai Rp12 ribu per kilogram. Sementara gula pasir Rp12 ribu per kilogram, dan harga telur ayam Rp19 ribu per kilogram. Serta bawang merah, masih dijual dengan harga Rp25 ribu per kilogramnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenakar Pro Kontra TNI Dimasukkan Dalam RUU Antiterorisme
Artikel selanjutnyaOmbudsman Minta BPN Sosialisasi Prona Ke Perangkat Desa Agar Tidak Berurusan Dengan Aparat Penegak Hukum
Wartawan senior Radio Idola Semarang.