Mau Isi BBM Sendiri, Datang Saja ke SPBU Ini

Semarang, 92.6 FM-Seringnya mendapat laporan atau pengaduan dari masyarakat karena dirugikan oknum operator di SPBU, PT Pertamina Marketing Operasion (MOR) IV Semarang menerapkan sistem “self service” alias konsumen bisa mengisi sendiri bahan bakar minyak (BBM) yang dibelinya. Sebagai tahap uji coba, diterapkan di SPBU CoCo Kaligarang sejak 16 Februari 2017 kemarin.

Mekanismenya, konsumen membayar di kasir sesuai dengan BBM yang akan dibeli. Kemudian, sang operator akan memberikan struk dan mengarahkan ke dispenser yang sudah disetting bisa dipakai sendiri konsumennya.

Officer Communication and Relation PT Pertamina Jawa Bagian Tengah Muslim Dharmawan mengatakan, sebagai tahap awal masih di SPBU CoCo Kaligarang yang menerapkannya. Nantinya, jika berhasil dan berjalan lancar akan diterapkan di empat SPBU CoCo lainnya di Kota Semarang.

Latar belakang muncul SPBU “self service” itu, jelas Muslim, untuk menjawab aduan dari masyarakat terkait adanya oknum operator SPBU yang memainkan nozle, sehingga konsumen dirugikan.

“Berbeda dengan mesin dispenser BBM lainnya, karena mesin yang digunakan sudah terkoneksi dengan mesin kasir. Sehingga, BBM yang dikeluarkan dari dispenser sesuai dengan yang dibeli konsumen,” jelas Muslim, kemarin.

Menurut Muslim, memang saat penerapan “self service” banyak konsumen kebingungan karena harus mengisi sendiri. Namun demikian, Pertamina akan memantau perkembangan selama 2-3 pekan ke depan. Harapannya, langkah itu bisa semakin memuaskan konsumen dan tidak ada yang diirugikan. (Bud)

Artikel sebelumnyaRatusan Siswa SD Nikmati Lontong Cap Go Meh di Halaman Kelenteng Tay Kak Sie
Artikel selanjutnyaPemerintah Cari Alternatif Pembiayaan Untuk Pembangunan Infrastruktur