Pelindo III Tanjung Emas Sediakan Rp150 Miliar Untuk Reklamasi 22 Hektare

Semarang, 92.6 FM-Proyek reklamasi di wilayah Pelindo III Tanjung Emas Semarang akan segera dilakukan, setelah izin yang diajukan ke Kementerian Perhubungan disetujui. Pada tahap pertama, akan dilakukan reklamasi seluas 22 hektare di 2017 ini. Sedangkan sisanya, seluas 82 hektare akan dilakukan pada tahun depan.

General Manager Pelindo III Tanjung Emas Semarang Agus Hermawan mengatakan, reklamasi yang dilakukan itu sementara berada di dekat Kali Baru Barat dan untuk menunjang aktivitas bongkar muat barang cair dan curah. Sebab, kedua jenis komoditas tu merupakan prioritas di Pelindo III Tanjung Emas Semarang.

Pada reklamasi seluas 22 hektare itu, jelas Agus, akan didirikan dua dermaga baru, storage tank, gudang dan lahan penunjang lainnya. Dengan memerbesar luasan areal aktivitas bongkar muat itu, maka akan memercepat waktu sandar kapal-kapal pengangkut.

“Saat ini izinnya sudah diajukan dan amdal juga sudah diurus. Yang mengirim langsung ke Jakarta kepala KSOP. Ini untuk mendukung kinerja di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” ujar Agus, kemarin.

Sementara itu, dalam proyek reklamasi tahap pertama PT Pelindo III Tanjung Emas Semarang menganggarkan Rp150 miliar. Namun, biaya itu belum termasuk pembangunan fasilitas di atasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKurangi Kadar Air, Bulog Pakai Alat Drying Agar Layak Masuk Gudang
Artikel selanjutnyaBPJS Kesehatan Gandeng Sejumlah Instansi Wujudkan UHC 2019