Sikdam Hasim, Sang Penyuara Anti Diskriminasi Penyandang Disabilitas

Sikdam Hasim

Janji hati Sikdam Hasim, aktivis pemberdaya kaum disabilitas asal Aceh yang seorang tuna netra ini adalah untuk membuat diri sendiri dan penyandang disabilitas lainnya untuk menjadi berarti dan menjadi berarti bagi sesama sekaligus mengakhiri diskriminasi yang selama ini masih terjadi pada para penyandang disabilitas.

Pada perbincangan dengan Radio Idola ( Senin 23/1 ) menceritakan tentang kecelakaan yang di alaminya 5 tahun lalu yang membuatnya kehilangan penglihatan. Saat itu, dia merasa sangat kecewa dan marah, bahkan pada Tuhan sehingga dia ingin mengakhiri hidupnya. Berkat dorongan dari sang bunda dia berhasil mendapatkan kembali semangat hidup.

Setelah menemukan kembali semangat hidup, Sikdam berkiprah di berbagai kegiatan sosial untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Atas kiprahnya itu, dia mendapatkan berbagai penghargaan Internasional dan di undang berbicara di berbagai forum Internasional. Salah satunya adalah dia diundang berbicara khusus di hadapan keluarga Kerajaan Inggris pada November 2015 lalu. Sikdam Hasim menjadi orang Indonesia pertama yang berpidato dalam acara khusus itu dan berkesempatan hadir dalam pertemuan privat empat jam dia dengan keluarga Kerajaan Inggris.

Satu impian Sikdam adalah ingin bertemu langsung dan bicara langsung dengan Presiden Jokowi untuk menyampaikan bahwa ada 30 juta penderita disabilitas di Indonesia yang masih mengalami perlakuan diskriminatif sehingga butuh perhatian Negara untuk memberdayakan 30 juta penderita disabilitas itu dan menjadikan mereka sebagai aset bagi Negara.

Berikut perbincangan Radio Idola bersama Sikdam Hasim, Sang Penyuara Anti Diskriminasi Penyandang Disabilitas:

1
2
3
Artikel sebelumnyaMembenahi Tata Kelola BUMN
Artikel selanjutnyaOJK: Silakan Masyarakat Melapor Jika Ditawari Investasi Bodong