BKIPM Semarang Sosialisasikan Pilih Ikan Segar ke Masyarakat di Bulan Bhakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018

Ikan Segar Dalam Kemasan

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Seksi Pengawasan Pengendalian dan Informasi Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Semarang Widodo Nugroho Subari mengatakan guna mencegah peredaran ikan tidak layak konsumsi di pasaran, pihaknya menggelar sosialisasi kepada masyarakat ke sejumlah pasar moderen dan tradisional di Kota Semarang. Kegiatan tersebut dalam angka Bulan Bhakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2018. Yakni melalui kegiatan BKIPM Goes to Market.

Menurutnya, masyarakat perlu mendapat sosialisasi tentang cara memilih ikan segar agar tidak tertipu karena diberi bahan pengawet. Dengan sosialisasi tersebut, masyarakat bisa mendapatkan ikan segar yang bermutu serta layak dikonsumsi.

Widodo menjelaskan, ciri-ciri memilih ikan segar adalah melihat warna kulit yang terlihat terang dan cerah. Kemudian, daging ikan bila ditekan terasa keras dan tidak berbau busuk.

“Kita perkenalkan bagaimana cara memilih ikan yang baik. Mulai dari memilih ikan, udang, cumi maupun kerang. Kegiatan ini kita lakukan di bulan bhakti, dan dilakukan di pasar tradisional dan moderen. Kalau di luar bulan bhakti kita lakukan yang namanya monitoring kesegaran ikan, residu dan bahan berbahaya. Itu setahun bisa tiga kali,” kata Widodo.

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan monitoring tentang ikan layak konsumsi di masyarakat. Bahkan, dalam setahun kegiatan tersebut dilakukan selama tiga kali. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyikapi Kriminalisasi Peneliti Widjo Kongko
Artikel selanjutnyaApindo Minta Cagub Jateng Bisa Serap Aspirasi Pengusaha

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini