BPBD Jateng Imbau Warga Buat Biopori Cegah Banjir

Sarwa Pramana, Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan banyak yang tidak tahu apa manfaat dari pembuatan biopori, dan bagaimana cara membuatnya. Padahal, lubang biopori banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Menurutnya, lubang resapan atau biopori bisa membantu air masuk ke tanah pada masa musim hujan. Terutama, bagi lingkungan atau wilayah perumahan yang padat penduduk dengan sistem drainase kurang baik.

Sarwa menjelaskan, dengan membuat lubang biopori di sekitar rumah, maka juga bisa untuk mencegah terjadinya bencana banjir. Selain itu, biopori juga bermanfaat untuk mengembalikan jumlah air tanah.

“Mungkin pada saat musim hujan sekarang ini, kita perlu banyak program penghijauan. Selain itu juga, pembuatan biopori atau lubang resapan. Tiap-tiap rumah buat resapan air tanah. Termasuk, air dari masjid atau musala yang digunakan untuk wudhu bisa dimasukkan ke tanah kembali,” kata Sarwa belum lama ini.

Lebih lanjut Sarwa menjelaskan, untuk membuat lubang biopori cukup mudah dan bisa diletakkan di areal terbuka yang terkena air hujan secara langsung. Misalnya di halaman rumah, sekitar tempat parkir atau di bawah pohon.

“Bahan yang dipakai juga tidak perlu mahal, cukup sisa pipa pvc atau pipa besi dan ditanam dengan kedalaman tertentu. Setelah itu, lubang biopori yang sudah dibuat juga harus dirawat agar fungsinya tidak terganggu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGandeng Kaum Perempuan, Bawaslu Jateng Inginkan Pengawasan Partisipatif Masyarakat Bisa Meningkat
Artikel selanjutnyaD’Season Boutique Karimunjawa, Temukan Surga Yang Tersembunyi