FKUB Kecamatan Perlu Dibentuk Untuk Minimalisir Sentimen Negatif di Tingkat Bawah

Semarang, Idola 92.6 FM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan untuk memerkuat kerukunan masyarakat antar-umat beragama, diperlukan adanya pembentukan forum kerukunan umat beragama di tingkat kecamatan.

Menurut kapolda, paguyuban atau lembaga kerukunan umat beragama bisa dimulai pada lapisan masyarakat dari akar rumput. Yakni, bisa dilakukan di tingkat kecamatan.

Condro menyebutkan, isu-isu dari sentimen agama sering kali muncul dan terjadi di tingkat dasar atau grassroot.

“Ini nanti dalam waktu dekat kita juga akan meresmikan paguyuban umat beragama di tingkat kecamatan. Kita akan turunkan di tingkat kecamatan, supaya lebih mendekat lagi dengan akar rumput,” kata kapolda, Selasa (27/2).

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, apabila sentimen atau isu-isu seputar agama tidak cepat diredam dari lapisan masyarakat bawah di tingkat kecamatan, dikhawatirkan akan meluas. Sebab, isu yang sensitif dengan cepat bisa meluas bila tidak ada pencegahannya.

“Saya minta kepada seluruh elemen masyarakat, untuk mencegah adanya upaya gangguan keamanan terhadap para tokoh agama dan ulama mulai dari tingkat kecamatan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Condro, dirinya sudah memerintahkan jajaran di tingkat polres hingga polsek untuk menginisiasi program FKUB di tingkat kecamatan. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Pileg 2019, Mencari Ruang Untuk Memastikan Peningkatan Kualitas Anggota DPR
Artikel selanjutnyaOJK: Masyarakat Yang Dirugikan Ulah Debt Collector Bisa Melapor ke OJK