Galakkan Tilik Desa, Pemkab Tegal Sosialisasikan Germas ke Masyarakat

Semarang, Idola 92.6 FM – Ada beragam cara untuk menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat, salah satunya yang dilakukan Pemkab Tegal melalui program tilik desa.

Asisten III Setda Kabupaten Tegal Eko Djati Suntoro mengatakan melalui kegiatan rutin tilik desa, pemkab meninjau setiap rukun tetangga (RT) di masing-masing kecamatan. Mulai dari pengecekan jambanisasi di rumah warga, sampai dengan upaya masyarakat memelihara lingkungannya.

Menurutnya, pemkab sudah berupaya melakukan sosialisasi program Germas sampai ke lingkungan terkecil.

Namun demikian, jelas Eko, ia tetap meminta Dinas Kesehatan setempat bersama kader-kadernya untuk selalu rutin mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat.

“Sebab kalau masyarakat kita tidak diajak itu biasanya nunggu-nunggu diajak, belum ada kesadarannya. Jadi, tinggal bagaimana itu langkah-langkah gerakan masyarakat hidup sehat karena mudah dilakukan sehari-hari. Masyarakat pasti kita ajaak dalam event-event, misalnya program tilik desa dengan mengajak warga berolahraga bersama,” kata Eko, baru-baru ini.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, dengan berperilaku hidup sehat dan menerapkan langkah-langkah dalam program Germas, maka masyarakat bisa terhindar dari penyakit tidak menular.

“Sehingga, program Germas ini nyata-nyata sudah ada di dada masing-masing warga. Supaya kabupaten sehat, kecamatan sehat, desa sehat dan masing-masing keluarga sehat,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKekeringan Meluas, Areal Pertanian Terancam Puso
Artikel selanjutnyaHilirisasi Riset Butuh Keberpihakan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini