Ganjar Akan Bantu Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo mengaku mendapat banyak masukan tentang perbaikan infrastruktur pendidikan dan ekonomi di pondok pesantren. Hal itu diterimanya, ketika mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah selama masa kampanyenya Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018.

Ganjar mengatakan untuk sektor pendidikan, dirinya mendapat masukan tentang penguatan karakter pendidikan dari pondok pesantren dan juga kesejahteraan pengajar serta pengasuh. Di samping itu, ekonomi pondok pesantren juga perlu diperhatikan agar kemandirian pondok semakin maju.

Menurut Ganjar, tidak sedikit pondok pesantren di Jateng yang secara kemandirian ekonomi sudah maju. Sebab, banyak pondok pesantren berhasil mengembangkan wirausaha. Mulai dari usaha percetakan hingga bisnis kuliner.

“Kita melakukan percepatan pada program infrastruktur pendidikan di wilayah pondok pesantren. Kemudian, pondok pesantren juga perlu dibangun ekonominya. Ini yang banyak disampaikan kepada kami ketika berkunjun ke sejumlah pondok pesantren di Jateng,” kata Ganjar di Semarang.

Lebih lanjut politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, ada satu pondok pesantren di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus mendapat pemberdayaan kredit hingga Rp4 miliar karena mampu mengembangkan usaha wirausahanya.

“Artinya, ekonomi pondok pesantren itu benar-benar berhasil dan maju,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKembangkan Internet Desa, Sudirman: Biar Kesejahteraan Masyarakat Desa Terangkat
Artikel selanjutnyaMenyiapkan Generasi Kreatif sebagai Tumpuan Masa Depan Bangsa