Kembangkan Internet Desa, Sudirman: Biar Kesejahteraan Masyarakat Desa Terangkat

Semarang, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan masyarakat di wilayah perdesaan, harus mendapat perhatian yang sama. Salah satunya dalam hal perluasan akses komunikasi di jalur konektivitas internet. Sehingga, akan dibuatkan jaringan internet desa, agar masyarakat perdesaan melek internet.

Menurutnya, peta kemiskinan di Jawa Tengah paling banyak berada di wilayah perdesaan. Oleh karenanya, persoalan kemiskinan menjadi sorotannya dan yang pertama dikerjakannya jika memimpin provinsi ini.

Mantan menteri ESdM itu menjelaskan, salah satu upaya yang akan ditempuhnya dengan membuka kran komunikasi internet untuk masyarakat desa. Dengan mudahnya masyarakat desa mengakses internet, maka pemerintah daerah tinggal melakukan pendampingan dan mengarahkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian lewat jejaring internet.

Sudirman menyebut, di masa sekarang internet menjadi kebutuhan masyarakat, tidak hanya untuk berkomunikasi saja tetapi juga berbisnis.

“Internet desa akan coba kita realisasikan. Nanti kita coba hitung berapa budgetnya berapa. Kalau dengan APBD bisa dicover, tentu kita pakai APBD. Tapi kalau tidak, kita kerja sama dengan swasta dan nanti disewa,” kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, bila internet bisa masuk desa dan masyarakat dibekali kemampuan melek internet untuk membangun jejaring usaha, maka bukan tidak mungkin angka kemiskinan di wilayah perdesaan bisa ditekan. “Per September 2017 angka kemiskian ada di 12,23 persen,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAda Foto Petahana di Website Resmi Pemda, Bawaslu: Untuk Sementara Hapus Dulu
Artikel selanjutnyaGanjar Akan Bantu Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren di Jateng