Ganjar: Ponpes dan Masyarakat Sekitar Bisa Kolaborasi Wujudkan Ekonomi Kerakyatan

Rembang, Idola 92.6 FM – Kegiatan bisnis di sekitar pondok pesantren di Kabupaten Rembang berkembang dengan baik, hal itu menarik perhatian Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo. Sebab, dari hasil produksi kerudung yang dibuat ibu-ibu di sekitar pondok pesantren di Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan mampu beromzet Rp1 miliar.

Menurutnya, bisnis kerudung dan bordir dianggap kegiatan ekonomi yang mampu menangkap peluang karena berada di sekitar pondok pesantren. Sehingga, warga mengerti produk apa yang bisa dikembangkan di sekitar pondok pesantren. Dampaknya, mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

“Ya ini sebenarnya ada satu produksi masyarakat yang sangat bagus. Di Rembang ada banyak pondok pesantren, dan mereka mengerti apa bisnis yang bisa dikembangkan. Ternyata, ini kerudung dengan berbagai bentuk dijual di sini dan cukup laku keras. Ekonomi bisa tumbuh dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan,” kata Ganjar.

Politikus PDI Perjuangan itu menyatakan, usaha berbasis pesantren selaras dengan program yang akan dikembangkan pasangannya, Taj Yasin. Yakni program ekoten. Sehingga, selain bisa sebagai penguat kemandirian pesantren, usaha itu juga efektif sebagai sarana berdakwah.

“Secara khusus, dakwah juga bisa disusupkan melalui produk kaos dengan desain sablon moderen,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKrisis Ekonomi Tidak Akan Terjadi, Menkeu: Pemerintah Sudah Belajar Dari Pengalaman Sebelumnya
Artikel selanjutnyaSudirman: Perempuan Mukti Bisa Jadi Amunisi Baru di Pilgub