Ganjar: Silakan Petani Bentuk Kelompok Untuk Ajukan RDKK Pupuk

Grobogan, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Ganjar Pranowo meminta para petani yang ada di Jawa Tengah untuk membentuk kelompok, agar bisa mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi. Sebab, persoalan yang masih dihadapi para petani adalah kebutuhan pupuk bisa terpenuhi. Karena, kendala yang dihadapi adalah cara petani di dalam mendapatkan pupuk.

Menurutnya, bila petani belum masuk di kelompok petani, maka belum bisa mengajukan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). Sebab, alokasi pupuk bersubsidi bisa diterima bila petani memiliki kelompok.

“Kalau belum mendaftar kelompok segera mendaftar, kalau belum ada RDKK segera hubungi penyuluhnya, sehingga semua bisa terdata dengan baik. Sebenarnya pupuk bersubsidi itu didasarkan pada RDKK dan RDKK itu adalah kelompok. Maka kalau pribadi tidak bisa,” kata Ganjar di Grobogan.

Namun demikian, lanjut politikus PDI Perjuangan, petani yang baru membentuk kelompok akan segera didata agar bisa diajukan masuk dalam tambahan alokasi pupuk bersubsidi. Setelah para petani membentuk kelompok, diharapkan tidak ada lagi keluhan tentang pupuk bersubsidi. Terlebih lagi, dengan bantuan dari Kartu Tani yang bisa membantu petani dalam mengajukan alokasi pupuk bersubsidi.

“Kelak kemudian hari data petani bisa menjadi proyeksi kapan panen, kapan butuh pupuk dan dijual,” pumgkasnya. (Bud)